Rabu, 15 Juli 2020

PENGENALAN KI, KD, DAN MATERI POKOK BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER GASAL

Hay, selamat datang di blog pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Sebelum lebih jauh kita berbincang tentang materi pembelajaran, alangkah lebih baiknya kita berkenalan dengan KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), dan materi pokok yang akan kita pelajari selama satu semester (gasal) di tingkat X SMA/SMK. 


KI (Kompetensi Inti)


  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam  berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. 

KD (Kompetensi Dasar)
3.1. Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. 
4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
 3.2. Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis.
4.2. Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
4.3. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
3.4. Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
4.5. Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis.
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
4.6. Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis.
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
4.7. Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
4.8. Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.

Materi Pokok Pembelajaran
  • Teks Laporan Hasil Observasi
  • Teks Eksposisi
  • Teks Anekdot
  • Teks Cerita Rakyat (Hikayat)

Selengkapnya, simak tayangan di link berikut ini:

K
K

Tidak ada komentar:

Posting Komentar