Hay, selamat datang di blog pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Sebelum lebih jauh kita berbincang tentang materi pembelajaran, alangkah lebih baiknya kita berkenalan dengan KI (Kompetensi Inti), KD (Kompetensi Dasar), dan materi pokok yang akan kita pelajari selama satu semester (gasal) di tingkat X SMA/SMK.
KI (Kompetensi Inti)
- Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
- Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan.
KD (Kompetensi Dasar)
3.1. Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi
berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
3.2. Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan
memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis.
4.2. Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi), teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan
teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
4.3. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
3.4. Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks
eksposisi.
4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi
(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
4.5. Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks
anekdot baik lisan maupun tulis.
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
4.6. Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan
struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis.
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung
dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
4.7. Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang
didengar dan dibaca.
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat
dan cerpen.
4.8. Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk
cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
Materi Pokok Pembelajaran
- Teks Laporan Hasil Observasi
- Teks Eksposisi
- Teks Anekdot
- Teks Cerita Rakyat (Hikayat)
Selengkapnya, simak tayangan di link berikut ini:
K
K
Tidak ada komentar:
Posting Komentar